MENGENAL KEKAYAAN ALAM INDONESIA



Oleh : Susilawati ( Safari Bird Farm )*

Indonesia sangat kaya akan Keanekaragaman hayati yang melimpah ruah hingga dikenal sebagi Negara MEGA BIODIVERSITY. Secara internasional, keanekaragaman hayatinya terbanyak kedua di seluruh dunia.
Wilayah hutan tropisnya terluas ke tiga di dunia dengan cadangan minyak, gas alam, emas, tembaga, dan mineral lainnya. Terumbu karang dan kehidupan laut terbentang indah dalam 17. 000 pulaunya. Lebih dari itu Indonesia memiliki tanah dan area lautan yang luas  dan kaya dengan berjenis-jenis ekologi. Menempati hampir 1,3 persen dari wilayah bumi mempunyai kira kira 10 persen jenis tanaman bunga yang ada di dunia, 12 persen jenis binatang menyusui, 17 persen jenis burung. 25 persen jenis ikan, dan 10 persen sisa area hutan tropis yang kedua, setelah brasil (world bang 1994)
Walau demikian persoalan tentang sumberdaya alam hanyati mendapat perhatian sedikit dari para pengambil kebijakan.
Sebagian besar hutan yang ada di Indonesia adalah hutan hujan tropis, yang tidak saja mengandung kekayaan hayati flora  dan faunanya yang beranekaragam, tapi juga termasuk ekosestem terkaya di dunia. Sehubungan dengan keaneka ragamannya, Indonesia memilliki kawasan hutan hujan tropis yang terbesar di asia pasifik, yaitu diperkirakan 1.148.400. kilometer persegi. Hutan Indonesia termasuk yang paling kaya keanekaragaman hayati di dunia, Hutan Indonesia dikenal sebagai hutan yang paling kaya akan sepecies palm ( 447 spesies ) 225 di antaranya tidak terdapat di bagian dunia yang lain, lebih dari 400 spesies dipterocarp ( jenis kayu komersial yang paling berharga di asia tenggara ), dan diperkirakan mengandung 25.000 spesies tumbuhan berbunga. Indonesia juga sangat kaya akan kehidupan liar, terkaya di dunia untuk mamalia ( 515 spesies ), 36 persen diantarnya endemic, terkaya akan kupu-kupu swallowtail ( 121 spesies ), 44 persen diantaranya endemic, terkaya ketiga dunia akan reptile ( ada lebih 600 spesies),  terkaya keempat akan burung (  1.519  spesies ), 28 persen diantaranya endemic, terkaya kelima untuk ampibi ( 270 spesies ), dan terkaya ketujuh untuk tumbuhan berbunga.
Lingkungan pesisir dan kelautan di Indonesia sepanjang garis pesisir di Indonesia mencapai 81 kilometer ini adalah, 14 persen dari seluruh pesisir di dunia. Indonesia adalah Negara yang memiliki pesisir terpanjang di dunia .Ekonomi kelautan yang dimiliki oleh Indonesia sungguh sangat bervariasi, dan mendukung kehidupan kumpulan spesies yang sangat besar. Indonesia memiliki hutan bakau yang sangat luas dan memiliki terumbu karang yang paling spektakuler di kawasan asia. Hutan bakau paling banyak di jumpai dipesisir timur Sumatra, pesisir Kalimantan dan irian jaya yang memiliki 69 persen dari seluruh habitat flora dan fauna Indonesia, sedangkan lautan biru di maluku dan sulawesi menaungi akosystem yang sangat kaya akan ikan,  terumbu karang, dan organisme terumbu karang yang lain.

            Masih ingatkah anda dengan lyric lagu Koes Plus Yang berjudul “Kolam Susu”

Bukan lautan hanya kolam susu
Kail dan jalan cukup menghidupimu
Tiada badai tiada topan kau temui
Ikan dan udang menghampiri dirimu
Orang bilang tanah kita tanah surga
Tongkat kayu dan batu jadi tanaman
Orang bilang tanah kita tanah surga
Tongkah kayu dan batu jadi tanaman

Ketika kita benar-benar mendengarkan dengan saksama lyric lagu ini mungkin hati kita benar-benar terketuk, dan baru sadar bahwa Indonesia tercinta ini adalah bumi pertiwi yang amat kaya raya. alam ini untuk dijaga dan dilestarikan, bukan di gugurkan, dilenyapkan.

2 comments:

A&K said...

sungguh kayanya negeri Indonesia ini,.
inspirasi negeri..


Kunjungan blogwalking malam.
Sukses selalu..
kembali tak lupa mengundang juga rekan blogger
Kumpul di Lounge Event Blogger "Tempat Makan Favorit"

Salam Bahagia

Unknown said...

salam semangat!!!
terimahasih atas comment nya, semoga bermanfaat,
selamat datang kembali.

Post a Comment