Sastra Inggris, mau jadi apa?

Ketika seorang anak menyampaikan keinginannya untuk menjadi seorang dokter kepada orang tuanya bisa dibayangkan betapa bangganya para orang tua dan betapa bahagianya orang tua. Orang tua kita pasti bisa membayangkan ketika kita bisa kaya dan sukses dengan masuk kedokteran bahkan belum masuk saja mereka pasti sudah membayangkan ketika kita memakai baju serba putih, membawa stetoskop dan bertambahkan dr. pada nama depan kita. Namun bisakah dibayangkan ketika kita hendak mengutarakan pendapat kita bahwa kita ingin masuk jurusan Sastra?Sastra Ingrris misalnya? pasti mereka memicingkan mata dan bertanya-tanya "mau jadi apa nak nanti?"


dokter memang jurusan yang sangat berprospek dan sangat bergengsi berbeda dengan sastra, orang sastra identik dengan baju kumal, tak rapi, dimana-mana butuh inspirasi bla bla bla dan bla bla bla. Jadi pendek kata orang sastra adalah orang yang aneh, nyleneh dimata orang. Namun orangpun tak pernah berfikir bahwa bunga mawar yang kering bisa menjadi indah ditangan sastra, buku yang membosankan akan jadi enak dibaca di tangan para sastrawan. Sastra tidak hanya berinspirasi namun sama halnya dengan jurusan lain, sastra memiliki peluang kerja yang tak kalah luas dengan yang lain. Sebetulnya sastra adalah jurusan yang lebih baik Ketimbang beberapa jurusan yang lain seperti Hubungan Internasional ataupun Ilmu komunikasi sebab jurusan-jurusan di fakultas sastra bisa mengambil lahan pada jurusan itu. JADI, APA SAJAKAH PELUANG KERJA SASTRA,KHUSUSNYA SASTRA INGGRIS:
Jurnalisme (Wartawan, Editor, Kolumnis, dll)
Jurnalisme adalah salah satu prospek untuk jurusan sastra. Lulusan fakultas satra memiliki gramatika, etika menulis yang baik oleh sebab itu mereka bisa menjadi redaktur, jurnalistik, kolumnis yang baik
selain itu orang sastra memiliki kemampuan verbal yang baik dalam berkomunikasi, dan berekspresi oleh sebab itu merekajuga bisa meliput, menjadi reporter, wartawan.
Kawan saya seorang anak jurusan sastra Inggris sama seperti saja,belum lulus saja dia sudah mendapat job sebagai editor novel lo.




Departemen/Kementerian Luar Negeri (DEPLU) / (KEMLU)
Profesi ini tidak hanya menjadi favorit untuk anak jurusan Hubungan Internasional namun juga favoritnya anak sastra. Peluang kerja lulusan Sastra di Deplu tidak kalah besarnya dengan peluang lulusan HI atau Hukum karena lulusan Fakultas Sastra menguasai bahasa yang wajib jadi modal dasar untuk menjadi seorang Diplomat selain itu anak Sastra juga di ajarkan tentang budaya-budaya negara lain yang terangkumdalamcross cultural understanding.
Perusahaan swasta
lulusan satra berkompeten mengisi peluang kerja dalam perusahaan seperti sekretaris, marketing, public relation.
Bank
Bank tidak memerlukan relevansi dalam jurusan selama kuliah. Yang paling terpenting di bank adalah siap dan mampu bekerja dengan baik, teliti, dan teratur.  Untuk bekerja di Bank tidak harus dari Fakultas Ekonomi karena di bank menerima dari berbagai jurusan. Kakak saya jurusan Sastra Inggris bekerja di Bank. Banyak juga yang dari pertanian. Bahkan ada juga seorang Sarjana Agama yang bekerja di Bank. 
Penerjemah (translater /interpreter)
yang melekat dalam sastra biasanya menjadi penerjemah. namun penerjemah juga bisa menjadi pekerjaan sampingan saja lo. Lulusan sastra bisa menjadi  seorang penerjemah tulisan (translater) maupun seorang penerjemah secara lisan (interpreter). Seorang interpreter memiliki bayaran yang cukup besar. Interpreter biasanya mendampingi para pejabat yang pergi ke luar negeri atau menerjemahkan pidato pejabat secara lisan dan langsung. Asyik kan?
Penulis
Kawan baik saya seorang penulis novel dan berasal dari faku;tas sastra dan novelnya melejit, mendapat royalti dan sangat terkenaldi Malaysia lo. dan lagipula anaksastra bisa sangat berpotensi pocooong saja bisa mengapa anak sastra tidak?
Ahli bahasa (Linguis)
para linguis didunia hanya sedikit lo. linguis merupakan pekerjaan berbayar tinggi namun sulit untuk terpikirkan,namun jangan berfikir ini adalah pekerjaan remeh. contohnya adalah sorang perancang bahasa untuk undang-undang, meeka adalah orang-orang yang sangat disegani.
Guide
bagi yang enyukai traveling, berkepribadian extrovet mungkin ini adalah pekerjaan yang cocok bagi kalian anak sastra. sebab disi kita bisa jalan-jalan gratis, mertamasya bersama orang-orang baru. asiikkkk
Dosen / Guru / Pengajar
pekerjaan ini mungkin adalah ekerjaan yang sangat umum bagi semua jurusan. Kuncinya adalah giat dan rajin, pandni mengatur waktu, bergaul, encari hal baru, creativ dan penuh inovati. kelebihan bagi anak sastradalam bidng ini adalah lapangan dan kesematannyalebih banyak. Sebut saja Sastra Inggris, lulusannya tak hganya bisamengajar di fakultasnya sendiri yaitu fakultas sastra namun mereka juga bisa mengajar Bahasa Inggris di Fakultas lain lo, bahkan semua fakultas. (DOSEN adalah cita-cita penulis, DOAKAN YA, AMIN)
Wiraswasta / Bisnis
Semua orang berpeluang menjadikan diri sebagai pengusaha.kuncinya adalah berhati-hati dalam melangkah, ulet dan kreatif. so, jangan takut kawan!!!

WELL I DONE. selesai sudah saya menulis tulisan ini sambil ngantuk-ngantuk ini mata.hehehe, semoga tulisan ini bermnfaat. Namun satu hal yang pasti adalah ketika kita bersungguh-sungguh dan tekuN kita pasti bisa meraih segala impian kita. Percayalah!!! Saya Sangat Percaya, bahwa saya BISA!!!

nb:penulis adalah seorang mahasiswa Jurusan Sastra Inggris salah satu PTN Negeri di Malang.

12 comments:

Jessica Rahma Prillantika said...

wah kakak, nanti kalo undanganku keterima sastra inggris senasib :D

Unknown said...

hahaha baiklah.... gimana hasilnya nih? don't worry masalah pekerjaan. lowongan kerja sekarang tidak pandang jurusan melainkan kemampuan

ROSA PUTRI said...

kak aku skrg kelas 3SMA, msh bingung ambil jurusan, pengennya sih ke sasing, tapi takut gmn prospek kerjanya. Minta saran dong kak, trmksh :)))

Unknown said...

jujur sangat sebetulnya sasing bukanlah jurusan yang ingin saya ambil malainkan kedokteran, namun Tuhan memiliki kehendak lain untuk saya dan saya berada dan harus survive disini. sekarang saya semester 5 dan niai IP saya selalu cumlaud (semoga hingga akhir nanti, amin). ketika itu saya juga mengalami dilema yang rosa alami hingga akirnya saya merasa betah dan cocok disini. saat pertama masuk kuliah fikirin saya galau, mau jadi apa saya nanti? saat ini sudah tidak lagi, saya yakin saya bisa menjadi apapun yang saya mau. ketahuilah adikku yang terbaik saat ini bukan jurusan lagi yang dipandang dalam mencari kerja, melainkan skill. banyak evidence yang berada disekitar saya, ada anak sasing jadi pegawai bank, pegawai kantoran, jurnalis, broadcasting, di tv swasta dll. so jangan takut..... satu lagi kita jangan sampai cari krja ya, biar kerjaan yang cari kita atau bahkan kita ciptakan lapangan kerja lebih baik.

29-SEPTIYANI-XI IA 2 said...

Kakak sekarang udah semester berapa kalo boleh tau?? :)

Unknown said...

aku juga pengen masuk sasing, tapi ya itumulaidari kakak2ku dan teman2ku ,pada ngremehin aku, dan mereka bilang sastra itu nggak jelas banyak yang pengangguran, aku sakit hati banget waktu dengar ini.tapi tulisan mu tadi sedikit nyupport aku sih kak

adheseptyana said...

Kak aku lulus snmptn jur sasing d unand. Mau nanya, sekarang kk udh kerja dmn?

Unknown said...

kak saya pengen masuk sasing tapi kemampuan bahasa inggris saya masih rendah. itu gimana tuh kak? boleh kasih saran gak?

Erna Dwinata said...

Aq sasing, alhmdllh sesuai cita2..sekarang menjadi tenaga pengjar di Perguruan tinggi Swasta...sedang berusaha mengejar cita2 yg ke2 dan 3..penulis dan linguist.minta doanya

Unknown said...

Makasihh kaa. Bermanfaat bgt nih

Unknown said...

kak saya udah SMA kelas 3 dijurusan ipa. saya kepingin banget kerja dibank, kirakira cocok ambil jurusan apa ya? dan kalo jurusan sastra inggris, apa bener bisa diterima di bank? dibagian apa kak? teller kah? atau bagian dalam?

Unknown said...

kak saya udah SMA kelas 3 dijurusan ipa. saya kepingin banget kerja dibank, kirakira cocok ambil jurusan apa ya? dan kalo jurusan sastra inggris, apa bener bisa diterima di bank? dibagian apa kak? teller kah? atau bagian dalam?

Post a Comment