Mau sukses kuliah?

Banyak orang menganggap kuliah itu adalah hal yang penting, namun sebagian orang juga beranggapan "apakah kuliah menjamin bisa sukses?hidup enak?dapat pekerjaan?". pertanyaan semacam itu tidak perlu dipungkiri lagi memang menjadi momok bagi masyarakat, sebab persaingan dunia kerja, sempitnya lahan pekerjaan menjadi hal yang sangat menekan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pentingnya pendidikan. Sebagai solusi tentang anggapan bahwa "BANYAK MAHASISWA YANG NGANGGUR" , saya akan mencoba untuk menetralisasi dan memberikan sedikit tips untuk mematahkan anggapan tersebut. Saya adalah seorang mahasiswa dan saya memang belum sukses, namun yang saya yakini adalah ketika seseorang memiliki niat yang besar dan berupaya sepenuh tenaga, Tuhan tak akan diam saja, itu pointnya. 
Sukses adalah Pilihan
ketika terngiang di dalam benak kita tentang kata SUKSES, jangan langsung merinding dan frustasi tidak bisa menggapainya. SUKSES ADALAH PILIHAN, kalimat itu adalah BENAR, Jangan pernah ragu untuk meraih sukses, jika kalian ingin sukses pilihlah jalan yang benar. Sebagai mahasiswa yang Bijak jangan biarkan diri kita terlena oleh euforia kampus dan lingkungan. Kokohkan niat dan pertegas langkah... 
Olah Waktu Produktif
Sebagai seorang mahasiswa sejujurnya banyak sekali waktu luang, kuncinya adalah pandai-pandailah mengatur waktu. Waktu tak bisa di putar kembali oleh sebab itu penyesalan selalu berada di belakang dan tak pernah berada didepan. Waktu luang sebenarnya adalah musuh, biarkan kita sibuk dan selalu produktif toh dengan tidur malam 6 jam sudah cukup untuk mengisi energi kita esok hari. Waktumu amatlah berharga, meluangkan waktu 15 menit untuk membaca saja sudah akan menambah pengetahuanmu. 
Pergaulan, berhati-hatilah
Membentengi Diri adalah perlu dan sangat penting. sebab musuh bebuyutan Seorang Mahasiswa sebenarnya adalah dalam pergaulan. Seseorang mahasiswa bisa terjerumus di kehidupan liar karena pergaulan, seorang mahasiswa bisa menjadi sangat konsumtif karena pergaulan, dan seorang mahasiswa bisa melakukan hal kosong tak produktif juga karena pergaulan. Pilihlah lingkungan yang sehat dan bentengi diri adalah cara terjitu.
Lingkunganku, sudah baik kah?
Kita tahu bahwa ketika kita sudah menjadi mahasiswa sebenarnya diri kita adalah tanggung jawab kita sendiri, itu artinya kita harus bisa menempatkan diri sebaik mungkin. Lingkungan mempengaruhi pemikiran,pergaulan, tingkah laku kita.Saran penulis adalah berikan waktu untuk diri kita untuk menilai, "Apakah kita sudah menempatkan diri kita di dalam lingkungan yang benar?".
Salurkan bakat dan minat.
Ketahuilah semua orang memiliki potensi tersendiri, terus gali dan gali kemampuan tersembunyi kita, eksplorasi dirimu dengan segala yang kalian bisa. Contohnya seperti ini, ketika kalian pandai berdiplomasi, berargumen, berbicara, maka salurkan hal itu ke dalam forum diskusi atau sebuah organisasi. Atau mungkin kalian memiliki kompetensi untuk menulis maka salurkan bakat itu dengan mengikuti UKM jurnalistik atau mungkin sering-sering mengirimkannya ke media. Jangan tutup dirimu dan diam saja. Mutiara yang tertutup debu itu tah akan pernah muncul dan memikat kalau kalian hanya diam saja tak bergerak!
Pengetahuan, sudah dapatkah?
Fungsi utama kuliah adalah mendapatkan ilmu dan mengubah diri kita untuk lebih siap di dunia kerja. Dunia kerja amatlah keras, dan salah satu peganggan untuk memasukinya adalah NILAI atau IP/IPK. saya katakan disini IP SANGAT PENTING, namun sebagai mahasiswa yang terdidik jangan RUSAK IP dan IPK mu melalui cara kotor sebab bukan itu yang perusahaan atau negara inginkan. Saya harus katakan bahwa IP bagus harus dengan PENGETAHUAN BAGUS, percuma anda memiliki IPK sempurna atau Cumlaud namun otak anda terpenuhi sampah! Berusahalah keras untuk mendapatkan pengetahuan, jika kita sudah berusaha keras, saya yakin IP kita akan sesuai dengan usaha kita. Jangan takut dengan IP. negara membutuhkan orang berkompeten dan berakhlak bukan orang IP/IPK bagus otaknya zonk atau nol.
Ibadahmu, Jangan kau lupakan
Terkadang kita lupa dari siapakah segala anugerah yang kita dapatkan hari ini dan kemarin. Ingatlah selalu bahwa kita tak akan bisa berbuat apapun tanpaNYA. TUHAN tetap PEMILIK SEMESTA ALAM, tak ada yang memungkiri. Segala pencapaian yang sudah kita capai bisa saja berbalik menjadi kosong karena kita sombong dan tak pernah ingat kepadaNYA, jadi berhati-hatilah dan selalu kencangkan Ibadahmu.

dunia luas jika kita mau memandangnya dengan luas, kesempatan ada dimana-mana namun tak pernah datang apabila kita tak mencarinya. Biarkan semua mengalir seperti air namun tak berarti harus mengikuti arus deras bermuara pusaran. JADI, DIRIMU AMATLAH BERHARGA...
 buktikanlah diriku, dirimu adalah benar-benar orang yang tepat yang diciptakan tuhan untuk menggali isi BUMI.

GOOD LUCK
AIRA-FIDEL

2 comments:

Unknown said...

WOW WOW WOW WOW Menginspirasi saya banget Ka artikelnya,
Oh iya kak jurusan Hubungan Masyarakat yah pro[ek kerjanya apa aja..??

Unknown said...

bukan, aku sastra inggris. hehehe sekedar tau aja, kalau hubungan masyarakan biasanya banyak proyek seperti survay lapangan, konsutan kemasyarakatan.

Post a Comment